Friday, March 15, 2019

Telaga Bleder di Grabag, Danau Alami yang Indah di Magelang

Saya sebenarnya sudah tidak asing dengan Telaga Bleder. Ayah saya berasal dari desa beberapa ratus meter dari tempat ini. Bahkan beberapa family saya juga masih ada di Dusun Bleder ini. Katanya, di tempat inilah ayah saya dulu sering berenang.

Walaupun telaga ini tidak asing bagi saya, tetapi saya sendiri malah belum pernah masuk ke dalamnya. Ketika saya kecil telaga ini hanya dibatasi pagar besi dengan ketinggian satu meter, sehingga telaga terlihat ketika kita melewati jalan di sampingnya.

Saat ini pagar besi tersebut telah diganti dengan pagar tembok yang cukup tinggi sehingga telaga tidak terlihat dari jalan. Telaga Bleder adalah sebuah danau alami yang berukuran tidak terlalu besar. Mungkin luasnya hanya beberapa hektar saja. Air telaga tersebut berasal dari mata air yang ada di sebelahnya.

telaga bleder,telaga bleder magelang,telaga bleder grabag

Lokasi dan Rute Menuju Telaga Bleder

Telaga Bleder berlokasi di Dusun Bleder, Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Lokasinya bisa dibilang tidak strategis karena berada bukan di jalan utama yang biasa dilewati kendaraan umum. Tetapi untuk mencari tempat wisata ini tidaklah sulit.

  • Dari arah Yogyakarta.
Dari Yogyakarta ambil arah Magelang/Semarang. Setelah melewati Kota Magelang lurus terus ke arah Semarang sampai di pertigaan Secang. Dari Secang masih lurus sekitar 200-300 meter ada jalan aspal ke kanan (pertigaan Krincing). Ambil arah kanan dan lurus terus beberapa kilometer sampai di Pasar Grabag. Tepat depan pasar ini ada perempatan. Ambil arah lurus (timur) beberapa kilometer sampai ada lapangan Ngasinan. Ambil arah kiri dan lurus saja. Telaga Bleder ada di kanan jalan.
  • Dari arah Semarang.
Dari Semarang ambil arah Magelang/Yogyakarta. Sampai di pertigaan Krincing ambil arah kiri. Selanjutnya sama dengan rute sebelumnya. Jika menggunakan kendaraan umum, di terminal Magelang atau Secang naik bus jurusan Grabag. Dari Grabag dilanjutkan naik ojek motor sampai lokasi.

bleder grabag,bleder,

Suasana Telaga Bleder

Satu kata yang terucap ketika memasuki Telaga Bleder adalah: sepi. Apalagi jika anda berkunjung ke sana selain hari libur. Tetapi suasana sepi ini sangat cocok jika anda menginginkan tempat untuk beristirahat dari kebisingan aktivitas sekari-hari.

 Pemda tampaknya mulai serius membangun tempat ini. Tempat ini cukup tertata rapi. Beberapa bangunan juga tampaknya belum lama dibangun. Termasuk kolam renang mini untuk anak-anak. Tidak ada tambahan biaya untuk menggunakan kolam renang ini. Beberapa Gazebo juga tampak sebagai tempat bersantai dan memandang keindahan telaga.

Menurut saya Telaga Bleder sangat cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga atau pasangan. Secara  umum telaga ini sangat asri. Banyak pohon-pohon yang membuat suasana teduh.

Pemandangan yang tampak dari tempat ini juga indah. Gunung Andong di sisi timur terlihat sebagian karena tertutupi rimbunnya pohon bambu. Sebuah pondok pesantren dan beberapa rumah penduduk juga tampak di sisi timur. Ada wahana bermain juga di tempat ini. Pengunjung dapat mengelilingi telaga menggunakan Speed Boat, Perahu Sampan, dan juga Becak Air dengan tarif yang murah.

lokasi telaga bleder,pemandangan telaga bleder

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Telaga Bleder

Fasilitas yang tersedia di Telaga Bleder antara lain kolam renang mini, gazebo, toilet, dan tempat parkir luas. Sebagaimana telah dibahas di atas, di sini juga terdapat beberapa wahana permainan air seperti speed boat, sampan, dan becak air. Harga tiket masuk Telaga Bleder pada hari Minggu atau Libur adalah: Dewasa Rp. 7.000,- dan Anak: Rp.6.000,-. Kalau selain hari libur sepertinya lebih murah. Tarif parkir: Mobil: Rp. 5.000,- dan Motor: Rp. 2.000,-

 Demikian uraian tentang salah satu destinasi wisata alam di Magelang. Saran saya, jika anda berkunjung ke Telaga Bleder ini sebaiknya juga mempersiapkan destinasi wisata lainnya. Karena tidak butuh waktu lama untuk menikmati telaga ini. Satu jam saja di sini pasti sudah puas.

Ada beberapa destinasi wisata di sekitar Telaga Bleder, antara lain Air Terjun Sekar Langit, Pemandian air panas Candi Umbul, dan Gunung Andong. Selamat menjelajah Magelang!

berkunjung telaga bleder,grabag,bleder

becak air telaga bleder

perahu telaga bleder

telaga,bleder,telaga bleder


1 comment

  1. MAKASIH MAS INFONYA BRMANFAAT BAGET BUAT SAYA YANG MULAI TERTARIK JALAN JALAN

    ReplyDelete


Top