Monday, March 18, 2019

Air Terjun Sekar Langit, Permata Tersembunyi di Kaki Gunung Telomoyo

Air terjun Sekar Langit adalah salah satu destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Magelang. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan keindahan alam air terjun ini terjaga dengan baik.
Sekar artinya adalah "bunga", sehingga nama Sekar Langit mempunyai arti "Bunga Langit".

air terjun sekar langit

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sekar Langit

Secara administratif, air terjun Sekar Langit berada di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Magelang. Lebih tepatnya berada di tepi jalan alternatif menuju Salatiga atau Semarang.

Suasana pegunungan jelas terasa karena lokasinya di lereng Gunung Telomoyo. Gunung Telomoyo berukuran tidak terlalu besar. Sedangkan di sisi lainnya berdiri tegak Gunung Andong.

Rute yang harus ditempuh jika ingin menuju air terjun Sekar Langit tidak terlalu sulit. Dari arah Jogjakarta menuju arah Semarang. Sesampainya di terminal bus Secang, masih lurus sekitar 1,5 Kilometer sampai terlihat jalan aspal ke kanan (pertigaan Kerincing). Ikuti arah tersebut sampai di Pasar Grabag. Sesampainya di pasar tersebut ada perempatan, ambil arah kiri. Sekitar 200 meter ambil arah kanan. Jika arah anda benar di kanan jalan ada puskesmas dan pasar sapi. Lurus terus sampai di kiri jalan ada penunjuk arah menuju Sekar Langit.

Rute tersebut jika anda menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor. Jika menggunakan kendaraan umum, naik bus jurusan Jogja-Semarang. Turun di Kerincing. Cari angkutan yang menuju pasar Grabag. Sesampainya di pasar Grabag naik ojek menuju obyek wisata Sekar Langit.

air terjun sekar langit magelang

Keadaan Air Terjun Sekar Langit

Air terjun Sekar Langit mudah dijangkau dengan mobil ataupun motor. Tempat parkir yang tersedia cukup luas. Walaupun kalau musim hujan tempat parkir ini becek karena masih beralaskan tanah. Di tempat parkir ini pula letak loket pembayaran retribusi masuk.

Di sana juga ada beberapa warung yang menjual makanan dan berbagai souvenir. Setelah membayar retribusi dan mendapat karcis, di belakang loket akan terhampar jalan paving selebar 1,5 meter. Jalan inilah yang akan menuntun kaki kita menuju air terjun. Pengunjung harus  berjalan kaki sepanjang 400 meter. Walaupun lumayan jauh, tetapi tidak terasa lelah. Sebab jalan begitu rimbun di tutupi naungan pohon bambu yang tumbuh di kiri jalan.

Di kanan jalan ada tebing yang cukup tinggi dan di atasnya banyak pepohonan juga. Kita akan menjumpai sebuah jembatan kecil. Desainnya mirip jembatan di inggris. Jembatan berwarna biru ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto ria. Setelah melewati jembatan, tidak jauh sampailah kita di air terjun Sekar Langit.

Air terjun ini memiliki tinggi 25 meter. Airnya terasa dingin dan menyejukkan. Sekeliling air terjun banyak pepohonan rimbun. Sangat rugi jika tidak membasahi tubuh anda di sana. Tetapi saya sarankan untuk berhati-hati jika ingin bermain air di air terjun. Kolam di bawah air terjun ini lumayan dalam. Jika anda tidak bisa berenang sebaiknya tidak bermain di tengah. Pernah ada kasus pengunjung yang terseret arus air di sana.

Legenda Jaka Tarub dan Nawangwulan

Pernah mendengar kisah Jaka Tarub. Suatu ketika Jaka Tarub yang sedang berburu di hutan melihat bidadari-bidadari yang sedang mandi di sendang tengah hutan. Jaka Tarub mencuri selendang salah satu bidadari tersebut yang ternyata bernama Nawangwulan.

Lalu apa hubungannya dengan air terjun Sekar Langit?

Lokasi para bidadari mandi dalam cerita rakyat tersebut diduga adalah di air terjun Sekar Langit. Jadi selain karena keindahan alamnya yang menarik, legenda air terjun Sekar Langit ini juga turut membuat orang penasaran.

Fasilitas dan Biaya Masuk Air Terjun Sekar Langit

Fasilitas yang ada di Sekar Langit cukup memadahi. Tersedia sederet toilet di belakang loket masuk. Tempat parkir yang tersedia pun cukup luas. Biaya masuk air terjun Sekar Langit sekitar tiga ribu rupiah.
Nah demikian ulasan tentang air terjun Sekar Langit. Salah satu tempat wisata di Magelang yang asri dan indah.