Sunday, March 17, 2019

Candi Umbul Magelang, Pemandian Air Panas Tanpa Bau Belerang

Candi Umbul adalah salah satu dari sekian banyak warisan budaya yang ada di Magelang. Bentuk candi yang satu ini sangat berbeda dengan candi lainnya. Candi di Magelang umumnya berupa tumpukan batu membentuk sebuah bangunan. Tetapi Candi Umbul lain, candi ini berupa situs purbakala pemandian air panas (hangat sih tepatnya).

Saya sebenarnya pernah berkunjung ke pemandian air panas ini satu kali. Waktu itu ada saudara sepupu saya dari Semarang yang punya penyakit gatal, lalu diantar bapak saya ke Candi Umbul untuk berendam. Konon katanya kandungan belerang di pemandian ini dapat mengobati penyakit kulit.

candi umbul,candi umbul magelang,candi hindu,candi umbul grabag


Tetapi kunjungan pertama tersebut tidak meninggalkan memori apa-apa di otak saya.
Maklum, waktu itu umur saya belum ada lima tahun. Saya hanya ingat pernah ke Candi Umbul. Itu saja memori yang tersimpan di otak saya. Berbekal rasa penasaran, Minggu awal bulan Maret saya mendatangi kembali tempat ini. Saya hanya mengikuti arahan papan petunjuk yang ada di depan MTsN Grabag. Tetapi papan tersebut membingungkan. Ada dua petunjuk arah ke Candi Umbul, yang satu di kiri jalan dan satu lagi di kanan jalan. Yang di kiri jalan tertulis jaraknya 2 Km sedangkan yang di kanan jalan tertulis 4 koma sekian Km. Sayang saya tidak sempat foto petunjuk arah yang di kiri jalan.

Saya lalu belok ke kiri mengikuti petunjuk arah tersebut sambil melirik spedometer motor saya. Saya berniat untuk mengkroscek kebenaran jarak pemandian tersebut dari jalan utama. Setelah belok kiri kita akan disuguhi jalan aspal yang cukup sempit. Kalau dua mobil berpapasan sepertinya agak susah ya. Semakin lama jalan semakin jelek. Ada beberapa lubang di aspal.

candi umbul,candi umbul magelang


Setelah beberapa menit melalui jalan ini, sampailah saya di depan pemandian Candi Umbul. Jaraknya dari jalan utama ternyata sekitar 4 Km versi spedometer motor saya.

Tempat parkirnya bisa dibilang cukup. Tidak luas juga tidak sempit. Letaknya persis di pinggir jalan. Saya langsung menuju loket pembayaran retribusi masuk. Harga tiket masuk pada hari Minggu dan Libur untuk dewasa sebesar Rp. 7000,- dan anak sebesar Rp. 6000,-. Parkir motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000. Kalau selain hari minggu sepertinya lebih murah ya.

Begitu memasuki tempat ini, terhampar jalan setapak berpaving melewati taman di kanan dan kirinya. Dari kejauhan tampak semacam gapura yang membatasi taman dengan kolam air hangatnya.

wisata magelang,wisata grabag


Taman ini bisa menambah kenyamanan jika dikelola dengan baik. Dipasang tempat buat duduk-duduk atau tanaman yang rimbun sehingga menjadi teduh misalnya.

Kolam berada di belakang gapura. Kolam tersebut bernuansa "kuno" dan dikelilingi tepian yang tersusun dari batuan andesit. Sehingga kesan "jaman dahulu" masih sangat terasa. ditambah dengan batu-batu berelief yang dipajang di salah satu sisi kolam.

Dan ternyata kolamnya lebih sempit dari dugaan saya. Ada dua buah kolam, kolam yang satu adalah kolam air panas (baca= hangat) dan yang satu lagi kolam air biasa yang berukuran lebih sempit. Pada hari Minggu kolam ramai oleh pengunjung. Agak susah sepertinya untuk berenang. Paling ya cuma berendam saja. Jadi kalau datang ke sini tujuannya berenang, mungkin sebaiknya cari tempat lain saja. Saya juga tidak berenang karena di kolam sudah padat sekali manusianya. Cuma muter-muter aja sambil foto-foto.

candi hindu magelang

Sekilas Tentang Candi Umbul

Candi Umbul adalah situs purbakala peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini bercorak agama Hindu. Hal ini dilihat dari batuan yang ditemukan berbentuk Lingga dan Yoni. Diduga candi ini dibangun pada masa Dinasti Sanjaya. Nama Candi Umbul sendiri berasal dari gelembung air dari mata air yang muncul ke permukaan yang dalam bahasa jawa disebut mumbul. Nah dari kata inilah kemungkinan nama Candi Umbul berasal.

candi hindu grabag

Lokasi dan Rute Menuju Candi Umbul

Secara geografis, Candi Umbul terletak di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Lokasinya bisa dibilang pelosok karena jarak dengan jalan utama cukup jauh, yaitu sekitar 4 Km. Meskipun begitu, cara menemukan lokasi Candi Umbul cukup mudah, terutama bila menggunakan kendaraan pribadi. Ada dua opsi rute menuju pemandian air panas Candi Umbul ini. Opsi pertama, dari arah Jogja ambil arah Semarang. Sesampainya di Secang (Magelang utara) masih lurus sampai ada jalan aspal ke kanan (pertigaan Krincing). Ambil arah kanan tersebut sampai memasuki Grabag. Di depan MTsN Grabag anda akan melihat penunjuk arah menuju Candi Umbul. Opsi kedua, dari pertigaan Krincing pada opsi pertama, lurus terus ke arah Semarang. Beberapa ratus meter ada penunjuk arah ke kanan menuju lokasi wisata Candi Umbul. Tetapi rute yang kedua ini saya belum pernah mencobanya.

air panas magelang


Harga Tiket Masuk Candi Umbul

Harga tiket masuk pemandian air panas Candi Umbul sangat terjangkau. Yaitu dewasa sebesar Rp. 7000,- dan anak sebesar Rp. 6000,-. Parkir motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000. Itu harga hari Minggu dan hari libur ya, kalau selain hari minggu sepertinya lebih murah. Murah bukan? Kapan-kapan kalau ke Magelang jangan lupa kunjungi tempat wisata yang satu ini ya!

0 comments:

Post a Comment


Top