Monday, March 18, 2019

Berenang Seru di Kolam Renang Mendut

Berenang adalah salah satu hobi saya. Meskipun dari dulu kemampuan renang saya gitu-gitu aja sih. Gak kuat lama nafasnya kalau berenang hehe

Hari Minggu kemarin saya mengajak istri dan adik saya untuk berenang. Rasa-rasanya sudah lama saya tidak berenang. Adik saya juga mempunyai hobi berenang. Cuma istri saya yang gak bisa berenang. Istri saya ikut cuma buat ngadem aja di taman.

kolam renang mendut


Tujuan kami adalah Taman Rekreasi Kolam Renang Mendut atau di kalangan masyarakat sekitar dikenal dengan Kolam Renang Karet. Dari rumah saya hanya beberapa kilometer. Kalau naik motor hanya sekitar 10 menit.

Suasana Taman Rekreasi Kolam Renang Mendut

Kolam Renang Mendut adalah kolam renang milik Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang. Ada tiga unit kolam di tempat ini. Satu kolam renang dewasa dengan kedalaman 1,5 meter hingga 3,5 meter. Dua kolam renang anak. Dulunya hanya ada satu kolam renang anak berbentuk angka "8" dengan kedalaman 50 cm - 80 cm. Satu kolam lagi ditambahkan beberapa tahun lalu dengan konsep mirip waterboom gitu.

Kolam renang Mendut terdapat taman yang sejuk di sekitarnya. Beberapa gazebo juga ada. Sehingga tempat ini sangat asik jika dijadikan tujuan wisata keluarga. Bahkan beberapa tahun yang lalu masih ada beberapa kijang yang dipelihara di area ini, sayang, sekarang sudah tidak ada lagi.

Fasilitas Taman Rekreasi Kolam Renang Mendut

Fasilitas  yang ada di kolam renang Mendut ini termasuk lengkap menurut saya. Ada kolam dewasa berukuran 25 meter x 50 meter yang bisa untuk menyelenggarakan perlombaan. Kolam anaknya pun asik karena ada permainan seperti perosotan dan ember tumpah.

Fasilitas toilet dan ruang ganti pakaian pun mencukupi. Saat ini ada dua titik. Sepertinya sedang dibangun satu area lagi. Penyewaan ban juga ada di sini. Jadi kalau gak bisa renang seperti saya jangan khawatir.

Fasilitas ibadah juga memadahi. Ada satu mushola yang nyaman di tempat ini. Kantin tempat makan pun sangat layak. Beberapa penjual makanan juga ada di dalam area.

Singkat kata, dari segi fasilitas kolam renang Mendut ini termasuk lengkap.

kolam renang karet


Rute Menuju Taman Rekreasi Kolam Renang Mendut


Lokasi Taman Rekreasi Kolam Renang Mendut berada di antara Candi Mendut dan Candi Borobudur. Cara menuju tempat ini cukup mudah. Jika anda dari arah Jogjakarta, ambil arah Magelang/Semarang. Sesampainya di pertigaan Palbapang, ambil arah kiri, lurus saja sekitar 7 - 8 Km. Palbapang yang saya maksud adalah yang ada di Mungkid, Magelang ya. Soalnya di daerah Tempel (perbatasan DIY - Jateng) juga ada namanya Palbapang.

Biaya masuk Taman Rekreasi Kolam Renang Mendut terbilang murah. Untuk dewasa pada hari kerja sebesar Rp.8.000 dan hari Minggu/Libur sebesar Rp.9.000. Sedangkan untuk anak-anak pada hari kerja Rp.6.000 dan Rp.7.000 pada hari Minggu.

Lokasi wisata lain yang ada di dekat Taman Rekreasi Kolam Renang Mendut adalah Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon.

0 comments:

Post a Comment


Top