Thursday, March 14, 2019

Candi Ngawen di Magelang, Perpaduan Arsitektur Hindu dan Budha

Ada belasan candi di Magelang. Secara garis besar candi-candi tersebut dikategorikan ke dalam dua kelompok; candi Hindu dan candi Budha. Walaupun sama-sama candi, tetapi keduanya memiliki karakter masing-masing yang menjadi ciri khasnya.

Salah satu candi yang akan kita bahas adalah candi bercorak agama Budha, yaitu candi Ngawen.

Candi Ngawen sebenarnya bisa menjadi paket tujuan wisata ketika mengunjungi candi Borobudur dan candi Mendut. Lokasi candi Ngawen tidak begitu jauh dari kedua candi tersebut. Hanya tetangga kecamatan saja.

Sayangnya, candi Ngawen ini tidak begitu dikenal. Bahkan banyak orang Magelang yang belum pernah berkunjung ke sana. Padahal candi ini cukup nyaman untuk dikunjungi.

candi ngawen,candi ngawen magelang,candi budha

Berkenalan dengan Candi Ngawen

Candi Ngawen adalah candi bercorak agama Budha. Hal ini diketahui dari ditemukannya arca Dhyani Budda Ratna Sambhawa pada Candi II dan arca Dhyani Budda Amitabha pada Candi IV.

Komplek candi ini terdiri dari lima candi berderet dari utara ke selatan menghadap timur. Nama candi sesuai urutannya, yaitu Candi Ngawen I - Candi Ngawen V. Dari lima candi ini hanya Candi II yang sudah direkonstruksi sehingga tampak berbentuk candi. Empat candi lainnya hanya berupa dasarannya saja.

Candi ini diduga dibangun oleh wangsa Syailendra pada abad ke 9-8 pada era kerajaan Mataram Kuno.

Casparis berpendapat bahwa candi ini dibangun secara gotong royong oleh Raja Pikatan Dyah Siladu dari dinasti Sanjaya dan Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra pada tahun 746 Saka atau 824 Masehi.

Pendapat ini didasarkan pada Prasasti Kayumwungan yang ditemukan di Karangtengah.

Candi ini diduga runtuh karena tertimbun abu erupsi Gunung Merapi pada letusan dahsyat tahun 1006 Masehi. Diduga abu letusan tersebut setinggi dua meter.

Hal unik pada bangunan candi ini adalah adanya patung singa di empat sudutnya. Patung singa ini terlihat di Candi II dan VI. Patung singa ini dipercaya untuk melindungi candi dari pengaruh-pengaruh jahat.

Keunikan Candi Ngawen yang lain adalah dari corak bangunannya. Walaupun candi ini adalah candi Budha, dari sisi arsitektur terlihat corak Hindu. Bentuk atap candi yang runcing misalnya. Bentuk ini lazim dimiliki candi bercorak Hindu. Tetapi di candi ini terdapat undak-undak dan stupa yang merupakan ciri candi bercorak Budha.

patung singa candi ngawen,

Lokasi dan Rute Menuju Candi Ngawen

Candi Ngawen terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Lokasinya tepat berada di depan Balai Desa (Kantor Desa) Ngawen. Candi ini terletak di pedesaan yang di sekelilingnya adalah hamparan persawahan.

Bagaimana cara menuju ke sana?

Rute 1. Dari Jogja ambil arah menuju Magelang/Semarang. Sesampainya di jalan satu arah Muntilan, cari Perempatan Tugu Wesi (Hanya perempatan biasa, tidak ada "tugu besi" seperti namanya). Perempatan ini sudah di pasang lampu traffic light pada akhir 2016 lalu. Dari perempatan ini ambil arah kiri. Lurus saja sekitar 2,5 Km dan sampailah di Candi Ngawen.

Rute 2. Jika anda dari arah semarang, sesampainya jalan satu arah muntilan (yang ke arah jogja) lurus saja sampai ada traffic light perempatan Sayangan Muntilan (Sebelah kiri jalan ada rumah makan sambal. Dari traffic light tersebut lurus lagi sedikit lalu ada jalan ke kanan, lurus saja ada traffic light lagi (ini traffic light Tugu Wesi tetapi dari arah utara). Lurus saja 2,5 Km dan sampailah di Candi Ngawen.

Rute 3. Jika anda dari arah Semarang/Magelang dan bingung mengikuti rute 2, ikuti saja rute 3 ini. Ikuti saja jalan satu arah Muntilan sampai habis dan begitu ketemu jalan 2 arah, ambil arah ke kanan (kembali ke arah Semarang). Traffic light pertama ambil kiri. Lurus saja ikuti jalan itu sampai Desa Ngawen.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Candi Ngawen

Fasilitas yang ada di Candi Ngawen adalah toilet dan tempat parkir. Tempat parkir berada di tepi jalan luar pagar candi. Tarif parkir Rp.1.000,-.

Sedangkan tiket masuknya gratis tidak dipungut biaya. Kita hanya diminta mengisi buku tamu saja. Candi ini terdapat pohon-pohon sehingga udaranya sejuk. Cocok untuk berekreasi bersama keluarga.

patung candi ngawen,patung candi ngawen magelang

candi budha magelang,ngawen

candi magelang ngawen

ngawen candi

2 comments


Top