Friday, January 20, 2017

Sejarah Candi Mendut, Candi Nan Cantik dan Asri

Candi Mendut adalah satu dari tiga candi yang ada di kawasan Borobudur. Dua candi lainnya adalah Candi Borobudur dan Candi Pawon. Bagaimana sejarah Candi Mendut? Pada artikel ini kita akan mengupas hal tersebut.

Lokasi Candi Mendut

Candi Mendut adalah Candi Budha yang terletak di Kabupaten Magelang. Tepatnya di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid. Candi Mendut  terletak tepat di tepi jalan Mayor Kusen.

Jika anda dari arah Jogjakarta, candi Mendut  berada 3 kilometer sebelum Candi Borobudur. Candi ini bisa dilihat jelas dari jalan raya karena hanya dikelilingi pagar besi dengan tinggi  sekitar 1 meter.
Jarak dari Jogja menuju Candi Mendut kurang lebih 38 Kilometer. Sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Asal-Usul dan Sejarah Candi Mendut

Candi Mendut didirikan oleh raja dari dinasti Syailendra, yaitu raja Dharanindra, sering disebut juga Raja Indra. Hal ini didasarkan pada Prasasti Kayumwungan yang ditemukan di Dusun Karangtengah Kab Temanggung.


Pada prasasti bertahun 746 Saka atau 824 Masehi tersebut diceritakan bahwa Raja Indra membangun bangunan suci di Venuvana yang artinya dalam bahasa sansekerta adalah "Hutan Bambu". Venuvana ini oleh ahli arkeologi berkebangsaan Belanda bernama Johannes Gijsbertus de Casparis diperkirakan adalah Mendut karena pada jaman dahulu tempat ini adalah hutan bambu.

Arsitektur dan Relief Candi Mendut

Candi Mendut mempunyai lantai dasar setinggi 3,7 M. Setelah kita menaiki tangga dan sampai di atas lantai dasar, ada selasar yang mengelilingi candi. Lebar lorong tersebut adalah 2, 48 M.

Tangga Candi Mendut ada di sebelah barat laut. Arah ini tidak lazim untuk candi yang ada di Jawa Tengah yang kebanyakan menghadap timur. Di candi tersebut ada pintu yang dapat kita masuki. Di balik pintu tersebut ada ruangan yang terdapat 3 Arca berukuran besar.


Satu arca berada di tengah seakan-akan sedang memberi wejangan. Arca tersebut adalah Dyani Budha Cakyamuni. Di sebelahnya ada Bodhisatva Avalokitesvara, dan Bodhisatva Vajrapani. Jika anda di ruangan tersebut tercium bau dupa yang menyengat. Total ukuran Candi Mendut adalah 13,7 m X 13,7 m, serta ketinggiannya adalah 26,5 m. Ada banyak ralief di dindingnya. Beberapa di antaranya bercerita tentang binatang (fabel). Ada relief yang bercerita Brahmana dan Kepiting, Angsa dan Kura-Kura, Dua Burung Betet Berbeda, dan lainnya. Anda bisa berselancar di dunia maya untuk mencari cerita relief tersebut.

Biaya Masuk dan Fasilitas Candi Mendut

Candi Mendut terletak di taman yang lapang Sehingga nyaman untuk bersantai. Di sana juga ada beberapa pohon besar yang rindang. Tiket masuk Candi Mendut terbilang murah, hanya sekitar 3 ribu. Jika anda berkunjung ke Candi Borobudur, sempatkan mampir juga ke Candi Mendut dan Candi Pawon. Dua candi ini sangat dekat jaraknya dengan Candi Borobudur. Demikian uraian tentang sejarah Candi Mendut. Kapan nih jalan-jalan ke Magelang?

0 comments:

Post a Comment


Top